Minggu, 09 Januari 2011

Setting Minitar untuk Warnet

Dalam dunia IT tentu saja akan berkaitan dengan yang namanya Internet, Wifi, Download, Wireless, jaringan. Kali ini saya sedikit membuka jeroan dari alat bermerk Minitar, sebuah alat untuk AP router dan Wireless, adapun panjang lebarnya ada dibawah ini :
Langkah pertama untuk mengacak-acak ini alat adalah dengan meresetnya, seperti biasa lakukan dengan menekan tombol reset. Default dari minitar ini adalah memiliki IP addres 192.168.1.254. Oleh karena itu kita bisa menghubungan komputer/laptop kita dengan Ip addres dari 192.168.1.1-192.168.1.253. Terserah anda mau pakek berapa tinggal pilih saja, kemudian lakukan perintah ping 192.168.1.254, tentu saja kabel LAN nya sudah tertancap ke perangkat. Jika ada proses Reply from 192.168.1.254 xxx berarti tahap selanjutnya bisa kita lakukan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut ini :

1. Buka browser (IE,Mozilla Firefox, Opera, Safari) terserah yang penting di alamatnya ketikan 192.168.1.254


2. Langkah yang kedua ini terserah anda, mau diapakan alat ini, ada tiga pilihan utama dialat ini.


 3. Kali ini saya akan menggunakannya sebagai Bridge, kenapa ? Jawab. Karena yang saya butuhkan dari alat ini adalah untuk menagkap sinyal Hotspot/Wireless saja. Contohnya macam Wifi Laptop aja, jadi tidak sebagai router maupun sebagai AP. Disini minitar kita sebagai client yang ikut si roueter/server pusat.
 


4. Sesuai gambar di atas, dari IP address yang tadinya 192.168.1.254 kita bisa rubah sesuai kebutuhan kita, atau Jaringan Internet kita. Saya rasa tidak susah-susah amat ngoprek ni alat minitar, walaupun interface menunya banyak. Kalo saja kita dah tahu konsep atau minimal baca saja book manual alat tersebut.


5. Cari menu simpan, kemudian restart. Hanya tunggu sebentar sampai alat ini Up kembali.


6. Yang terakhir, lakukanlah pencarian sinyal melalui menu Site Survey, disini alat minitar akan mencari sumber sinyal yang akan dijadikan server/router nanti. Untuk informasi saja, performa yang diberikan oleh Minitar ini jika kita hubungkan dengan Antena Grid dan dipasang pada Tower, kemudian diarahkan ke Acces Point biasa semacam TP Link dengan area loss tanpa gedung dan pepohonan. Alat minitar ini akan mampu mengakses sinyal sejauh 2 km, dan jika diarahkan sesama Antena Grid maka jaraknya diantara 5 - 8 km. Lakukan Select pada SSID yang memiliki Signal diatas 30 % katas, dan lakukan klik di tombol Connect.

Selesailah tutorial yang singkat ini, semoga bisa membantu juragan yang membutuhkan. Intinya langsung terjun saja ke TKP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar